Penyuluhan Penggunaan Bahasa Media Luar Ruang Di Banyumas

By on October 5, 2017

Purwokerto - Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah menggelar Penyuluhan Penggunaan Bahasa di Media Luar Ruang Selasa (3/10)-Kamis (5/10) di The Garden Resto Purwokerto. Kegiatan dibuka oleh Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesra Sekda Banyumas Ir Didi Rudwianto, SH, M.Si.  Kegiatan diikuti oleh 40 orang Pengelola Media Luar Ruang baik dari Instansi Pemerintah maupun lembaga / organisasi periklanan.

5c14db8b-3bbc-4cbf-bc28-b1a9ef17bff4

 Kepala Balai Bahasa Jawa Tengah Dr Tirto Suwondo, M Hum mengatakan dari pantauan yang dilaksanakan selama ini banyak ditemukan pemakaian Bahasa Indonesia yang kurang baik, di Media Luar Ruang. Untuk itulah Balai Bahasa perlu memberi pencerahan agar anak bangsa menggunakan bahasa secara baik dan benar. 
“Penggunaan bahasa sudah diatur dalam Undang undang RI nomor 24 Tahun 2009, tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, Serta Lagu Kebangsaan, namun masih belum dijunjung tinggi ,” katanya.
Tirto melanjutkan Bahasa Indonesia sudah diikrarkan  pada Sumpah Pemuda bahwa Putra Putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia. Artinya bahasa Indonesia menjadi bahasa pemersatu yang perlu dijaga martabatnya.
Sedangkan Asekbang Didi Rudwianto mengatakan ucapan terima kasih kepada Balai Bahasa, atas kesempatan yang diberikan pada Banyumas menjadi tempat kegiatan penyuluhan. Didi berharap dengan adanya penyuluhan ini para peserta dapat menggunakan dengan baik dan benar dan dapat mengajak lingkungan untuk berbahasa Indonesia yang baik dan benar.
“Kita tidak anti bahasa asing atau bahasa daerah, tetapi adalah kewajiban kita menjunjung martabat bahasa Indonesia,” kata Didi
Sumber : Suara Purwokerto

About Thomson Purwokerto