Longsor, Jalan Buntu-Banyumas Diperbaiki

By on November 18, 2017

BANYUMAS - Longsor di ruas jalan Buntu-Banyumas, tepatnya di Desa Pageralang, Kecamatan Kemranjen, diperbaiki.

ilustrasi-perbaikan-jalan

Kondisi jalan tersebut membahayakan pengguna jalan, karena bahu jalan tergerus longsor. Pengawas lapangan jalan nasional ruas Wangon-Batas DIY, Kodir, mengatakan, perbaikan bahu jalan tersebut ditargetkan selesai Desember mendatang.

Pekerjaan yang dilakukan oleh PT Bara Furod Nagata itu kini terus dikebut. “Paket perbaikan jalan Buntu-Banyumas tersebut akan selesai Desember nanti. Kami memperkuat tebing di tepi jalan tersebut, karena sebelumnya di lereng bahu jalan longsor,” katanya, kemarin.

Perkuat Konstruksi

Dia mengatakan, pihaknya memperkuat konstruksi tebing dengan beton dan fondasi jenis bore pile. Penguatan dilakukan karena tebing tersebut sangat tinggi dan rawan pergerakan tanah, khususnya saat musim hujan.

Sebelumnya Satlantas Polres Banyumas telah memasang papan dan rambu peringatan di lokasi tersebut. Pasalnya, sebagian bahu jalan telah tergerus longsor, sehingga dikhawatirkan akan menggerus badan jalan.

“Iya sebelumnya telah dipasang papan peringatan dan drum di lokasi tersebut, karena terjadi longsor di lereng bahu jalan. Pemasangan rambu untuk memberi tanda bagi para pengguna jalan, agar lebih berhati-hati,” ujarnya.

Berdasarkan pemantauan Suara Merdeka, perbaikan jalan tersebut menyebabkan arus lalu lintas tersendat. Pihak terkait memberlakukan buka-tutup arus lalu lintas dari arah selatan (CIlacap) dan utara (Banyumas).

 

Sumber : Suara Merdeka

About Thomson Purwokerto