Kawasan Curug Penganten Dirancang Jadi Pusat Kegiatan

By on March 27, 2018

KARANGPUCUNG - Untuk mendongkrak minat pengunjung, pihak pengelola menggagas kawasan Wisata Curug Penganten, Dusun Cipicung, Desa Bengbulang, Kecamatan Karangpucung, Cilacap menjadi pusat kegiatan. Gagasan tersebut mengacu pada upaya pemanfaatan kawasan berupa dataran tinggi hutan di sekeliling lokawisata.

jurug penganten

Menurut Ketua Himpunan Pemuda Pemudi Cipicung (Hippci) yang juga sebagai pihak pengelola lokawisata, Fajar Purnomo, kawasan tersebut layak untuk dijadikan bumi perkemahan. ”Ada pemikiran kami ke depan untuk menjadikan kawasan di sekitar lokawisata menjadi bumi perkemahan. Karena dari segi lokasi, topografi hingga kondisi alamnya, kami pandang cukup memungkinkan untuk itu,” katanya, Senin (26/3).

Semakin hidup

Kalau sudah demikian, secara otomatis kawasan lokawisata semakin hidup. Karena lumrahnya bumi perkemahan, akan kerap difungsikan dalam sejumlah momentum. ”Saya yakin manfaatnya cukup besar, baik untuk wilayah, maupun untuk kemajuan di bidang kepramukaan,” ujarnya.

Mengenai gagasan tersebut, pihaknya mengaku akan bergerak cepat untuk merealisasikannya. Langkah awal dan utamanya melakukan konsultasi dengan pihak Perhutani, sebagai pihak yang memiliki wilayah hutan tersebut. ”Secara lisan, sebenarnya gagasan ini sudah pernah disampaikan kepada pihak Perhutani, dan tanggapannya cukup positif. Karena itu kami akan segera melangkah ke sana,” tuturnya.

Lokawisata Curug Penganten dikembangkan oleh para pemuda Dusun Cipicung yang tergabung dalam Hippci, hasil kerja sama dengan Perhutani dan pihak terkait. Tempat wisata itu mengandalkan keasrian alam dan curug dengan tiga undakan.

Aula, taman baca, tempat selfi, mushola dan MCK juga dibangun sebagai pelengkapnya. Pemandangan alam itu kemudian dipadukan dengan seni dan budaya. Grup kentongan, lengger dan kuda lumping dari dusun itu, juga turut dilibatkan. Terutama pada akhir pekan, mereka bergantian tampil untuk menghibur pengunjung. Berdasarkan data pengelola, jumlah wisatawan pada akhir pekan tidak kurang dari 1.000 pengunjung.

About Thomson Purwokerto