Banyumas Dikunjungi 1,2 Juta Wisatawan

By on January 5, 2018

PURWOKERTO – Lima objek wisata yang dikelola Pemkab Banyumas dikunjungan 1,2 juta wisatawan selama tahun 2017. Raihan terbanyak diperoleh Lokawisata Baturraden sebanyak 645.415 orang pengunjung. Sekretaris Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Banyumas, Suwondo Geni memerinci, hingga 31 Desember, jumlah pengunjung pada lima objek itu mencapai 1.245.553 orang.
Wisata-Baturaden-640x431
Target kunjungan 1,1 juta orang pun sudah terlampaui. ’’Target sudah terlampaui. Dua objek yang mengalami peningkatan yaitu Lokawisata Baturraden dan Taman Bale Kemambang,’’ kata dia, kemarin. Perolehan retribusi pariwisata, katanya, telah surplus Rp 2,5 miliar. Sebab, Pemkab Banyumas hanya menargetkan pendapatan Rp 7,5 miliar dari seluruh objek wisata yang dikelola.

Objek wisata yang tidak menunjukkan perkembangan yaitu Kalibacin dan Taman Hiburan Rakyat Panglima Besar Jenderal Soedirman. Kalibacin hanya meraih 1.723 pengunjung sedangkan THR Pangsar Soedirman hanya mencatatkan 50.585 pengunjung. ’’Sebenarnya untuk THR Pangsar Soedirman sudah ada peningkatan dua kali lipat dibanding tahun lalu.

Tahun 2018 akan ditingkatkan lagi,’’kata dia. Adapun pada tahun 2018, Museum Panglima Besar Jenderal Soedirman di Karanglewas itu bakal mendapatkan tambahan koleksi dua buah tank jenis AMX-13 dan 24 pucuk senjata ringan. Peralatan tempur itu disumbangkan oleh TNI Angkatan Darat untuk menjadi koleksi. Penambahan koleksi ini diharapkan dapat menjadi media edukasi dan meningkatkan jumlah pengunjung. Sebab, tank yang disumbangkan didesain untuk dapat dilihat wisatawan dari dekat.

  • Sumber : Suara Merdeka
  • About Thomson Purwokerto